KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS UKM DESA ONLINE

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
UKM DESA ONLINE



Disusun Oleh :
Nama :        Ahmad Arivianto
NIM    :        16.11.0377
Kelas  :        16 S1TI-06
Kel.     :        H


UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
TEKNIK INFORMATIKA 2016


Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

I.       LATAR BELAKANG MASALAH
Masyarakat desa Kradenan mayoritas bekerja dibidang pertanian dan perkebunan. Dari hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar, mayoritas mereka menanam tanaman salak. Hampir setiap keluarga menanam salak dan menjadi penghasilan utama mereka. Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat masih sangat bergantung hidupnya pada penghasilan dari perkebunan.
Permasalahan yang muncul dengan semakin padatnya penduduk adalah menipisnya lahan perkebunan. Fenomena ini kedepannya dapat mengancam pekerjaan utama dari masyarakat desa kradenan. Bagi mereka yang memiliki lahan tipis, mau tidak mau harus siap dengan tantangan penipisan lahan.
Fakta lapangan juga menemukan bahwa tidak sedikit dari keluarga muda yang bekerja hanya ikut membantu orangtuanya dalam mengelola perkebunan salak, sehingga hasilnya harus dibagi. Permasalahan ini mungkin kecil, akan tetapi apabila tidak ada opsi pekerjaan lain, maka penghasilan yang didapat berpotensi tidak cukup untuk menghidupi keluarga.
Masyarakat yang sadar akan lahan mereka yang terbatas sudah mulai beralih dengan berwiraswasta dalam berbagai macam bidang seperti peternakan, perikanan, dan ukm kecil. Awal mulanya orangtua mereka bekerja sebagai petani, akan tetapi karena orangtaunya memiliki anak lebih dari 1, maka lahan harus dibagi.
Sebut saja, mas tanto yang awal mulanya bekerja menjadi buruh mencangkul salak, kini beralih menjadi penjual kue yang ia bikin sendiri. Ia menjelaskan bahwa awal mula menjalani sebagai wirausaha tidaklah mudah dan harus menjalani berbagai macam rintangan berat, salah satunya tentang pemasaran.
Menjadi wiraswasta di bidang UKM harulah siap untuk memasarkan dan mencari pelanggan. Mas tanto hingga kini mengalami masa sulit terutama di bidang pemasaran. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang terbatas, tidak memiliki jaringan, pelanggan beralih pada penjual lainnya dan persaingan yang semakin besar.
Wiraswasta yang mengalami permasalahan dalam bidang pemasaran tidak hanya Mas tanto, akan tetapi juga mereka-mereka yang menekuni bidang ini. Apabila dilihat secara langsung di Desa Kradenan, memang sudah mulai merebak warga yang beralih dari petani menjadi wirausahaan. Mereka mau tidak mau harus memiliki strategi di dalam memasarkan barang hasil karyanya.
Berkembangnya Ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut masyarakat harus memiliki berbagai macam cara jitu untuk menghadapi tantangan zaman. Kini, banyak dari mereka yang sudah memasarkan produknya melalui online. Sedangkan, masyarakat desa Kradenan tidak semua melek terhadap teknologi.
Mereka memasarkan baru terbatas dengan titip terhadap warung, atau pasar. Ada juga yang biasanya melayani pesanan, akan tetapi hanya lingkungan sekitar. Dalam hal ini, publikasi dalam pemasaran belum bisa merambah sampai luar Desa. Mas tanto yang sehari-harinya berjualan kue, hanya memasarkan lewat pasar mingguan dan titip di warung.


Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

II.     RUMUSAN MASALAH
            a.   Ruang lingkup pemasaran sempit.
            b.   Penjualan hanya di wilayah sekitar.
            c.   Pendapatan yang tidak pasti tergantung pada order yang masuk.
III.       ISI DAN PENYELESAIAN
         a.   Pengertian
UKM Desa Online merupakan wadah penjualan online bagi para ukm khususnya yang ada di desa yang berbentuk Website. semakin berkembangnya teknologi semakin meningkatnya pula para pengguna internet. Ini merupakan peluang bagi para pelaku ukm khususnya yang ada di desa untuk mengembangkan usahanya, dengan menarik pasar yang lebih luas tentunya.
Tidak dipungkiri bahwa adanya teknologi memudahkan para konsumen untuk membeli suatu barang tanpa harus datang langsung ke penjual, hal ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak di satu sisi konsumen dimudahkan dalam order,di sisi lain pelaku UKM tidak perlu repot-repot mencari pasar.

         b.   Keuntungan
1)    Bagi Pengelola Web :
- Bisa tahu akan potensi-potensi apa yang ada di desa
     - Bisa mendapatkan profit dari iklan-iklan yang dipasang contoh adsense,Popads,Popcash dll.
          2)   Bagi Para Pengelola Ukm
- Jangkauan pasar yang lebih luas
- Mendapatkan penghasilan berlipat seiring dengan tingginya
   orderan yang masuk
- Tidak perlu repot mencari pasar

Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

       c.   Langkah-langkah
- Pendataan UKM yang ada di desa
Dengan cara mengumpulkan UKM-UKM kedalam suatu forum diskusi disertai dengan penjelasan tentang apa itu UKM Desa Online ,bagaimana tata caranya dan apa saja keuntungan yang bisa mereka dapatkan.
 - Memasukkan produk ke dalam web
Hal ini merupakan tugas dari pengelola web tersebut,baik dari perangkat desa maupun orang asli desa tersebut.Tentunya si pengelola wajib tahu tentang pengelolaan website tersebut.

Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

      d.   Modal Kebutuhan
-Hosting
Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web.
Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :
– Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
– Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
– Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting
– Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting
– Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat
  -Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .com nya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.
  -Script
Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
Script Toko Online bisa diperoleh gratis di softacolous. Banyak hosting yang sudah melengkapi fitur mereka dengan softacolous, sebut saja idhostinger,rumahweb dll.Contoh script yang dapat digunakan dalam membangun sebuah toko online adalah Abante cart, Prestashop, Wordpress(WooComerce).
Harapan
Selain meningkatkan pendapatan UKM, UKM Desa Online bisa juga mempromosikan tempat wisata ataupun potensi-potensi yang bisa menarik pengunjung/turis sehingga selain dapat menghasilkan profit bagi desa juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga di desa tersebut.

Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

IV.       PENUTUP
Peluang bisnis UKM Online diharapkan dapat sedikit membantu perekonomian warga, mengingat teknologi yang dari tahun ke tahun semakin berkembang. 


Referensi:
https://klikhost.com/apa-itu-domain-hosting-dan-website/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »