KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS RTRW NET

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
RTRW NET





Disusun Oleh :
Nama :        Ahmad Arivianto
NIM    :        16.11.0377
Kelas  :        16 S1TI-06
Kel.     :        H


UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
TEKNIK INFORMATIKA 2016


Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

I.       LATAR BELAKANG MASALAH
Di zaman modern seperti ini , kemajuan teknologi semakin berkembang pesat. Informasi dapat di dapat secara cepat. Terkadang kejadian yang  baru saja terjadi , entah itu di lingkungan kita maupun di luar lingkungan kita bahkan di luar negeri sekalipun dapat kita ketahui detik itu juga.
Internet sebagai sarana penghubung antar wilayah mengemban  peran yang sangat vital atas kemajuan teknologi sekarang ini. Siapa yang tidak kenal internet , hampir setiap orang pasti pernah mendengar kata ‘INTERNET’ ,bahkan anak muda sekarang setiap saat pasti terkoneksi dengan internet baik itu bbm,whatsapp,line dll.
Tanpa disadari kebutuhan akan kuota internet terus meningkat seiring dengan kemudahan berselancar di dunia maya. Tak urung anak-anak yang masih sekolah cenderung membebani orang tua mereka dengan meminta tambahan uang saku dengan alasan untuk membeli paket data. Banyak operator yang mengatakan paling murah,bahkan ada yang menggunakan kata ‘ UNLIMITED’ ,Tapi pada kenyataannya di lapangan, kata ‘UNLIMITED’ yang sering digunakan oleh pihak operator hanyalah bahasa iklan.
     Berikut paparan perbedaan paket data operator seluler

1.     Paket internet unlimited

Meskipun dinamakan paket "unlimited" yang berarti "tidak terbatas", namun ternyata pilihan paket ini tetap memiliki batasan-batasan tertentu jika ingin menikmatinya. Terbatasnya kecepatan adalah salah satu kekurangan dari pilihan paket ini. Ya meskipun tidak ada batasan pada besaran bandwidth data, namun keterbatasan terletak pada kecepatan sehingga untuk mengakses suatu halaman web atau lainnya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Maka tidak heran jika banyak pengguna paket data unlimited mengeluhkan lambat atau lemotnya kecepatan yang disajikan.
Namun beberapa operator atau provider GSM tetap memberikan kecepatan penuh pada pilihan paket data internet unlimited meski kita akan tetap dibatasi dengan FUP atau batas pemakaian wajar. Jadi setelah kita telah melewati FUP, maka kecepatan akses internet akan dikurangi dengan signifikan meskipun kita akan tetap dapat mengaksesnya sesuka kita. Bagi yang belum jelas atau belum mengerti soal FUP, silahkan baca artikel 
apa itu FUP pada paket internet.

2.     Paket internet berbasis kuota

Meski dibatasi dengan kuota atau istilah awamnya "dijatah" (diberikan jatah tertentu), ternyata pilihan paket yang satu ini juga tidak sedikit. Hal ini karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah sehingga dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk menghemat biaya khususnya untuk masalah internet. Keunggulan dari paket jenis ini adalah kecepatan akses data yang dapat dinikmati tidaklah dibatasi seperti pada paket unlimited sehingga pengguna dapat mengakses internet dengan lebih cepat. Namun jika kita telah menggunakan keseluruhan jatah atau kuota yang ditentukan, maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi untuk tiap provider penyedia service internet. Selain cepat, kuota yang ditawarkan pun biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan "jatah" FUP pada paket internet unlimited.

Jika dilihat secara seksama kedua jenis paket data tersebut tidak ada bedanya ,keduanya sama-sama memiliki batasan ,baik itu tenggang waktu dan batasan penggunaan.Dengan adanya kebutuhan akan kuota yang besar tentu pengguna akan menginginkan kuota yang besar pula, hal itu berbanding lurus dengan jumlah biaya yang besar pula. Jika persediaan kuota menipis anak cenderung tergantung pada warnet(warung internet) sehingga orang tua kesulitan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang anak lakukan di warnet tersebut, permasalahan lain yang mungkin didapati ialah pergi ke warnet sering kali menjadi alasan untuk anak pergi bemain.
Ketersediaan sinyal juga berpengaruh,mungkin kalo di daerah perkotaan sinyal mudah di dapat,sedangkan sinyal mungkin tidak merambah ke pedesaan.
.
Gambar 1. kondisi sinyal salah satu operator ternama di pedesaan


Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

II.       RUMUSAN MASALAH
a.  Harga paket data yang mahal dari segi ekonomis.
b.  ekuatan sinyal yang kadang naik turun.
c.  Kecepatan internet tidak stabil.

III.       ISI DAN PENYELESAIAN
a.   Pengertian
RT/RW Net merupakan sebuah usaha dalam mewujudkan program pemerintah  ‘Internet Masuk Desa’. RT/RW Net adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah.
b.   Keuntungan
1)    Sumber Internet :
Harga Paket Biznet (sumber internet)
Gambar 2: Harga Paket Biznet


Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

2)   Harga Jual ke klien
1mb = RP 100.000
3)   Hasil yang diperoleh (perbulan)
Misalkan mengambil paket combo 2 harga 700 ribu dengan kecepatan 50 Mb, maka per mb nyua bisa dijual untuk 50 klien. Dari sini keuntungannya adalah

c.   Langkah-langkah dan topologi / mekanisme
-seseorang/pemilik modal akan membeli atau menyewa bandwith dari penyedia internet / ISP (Internet Service Provider) misalkan Telkom, Indihome, Biznet.
-Bandwidth tersebut lalu dijual kembali ke pelanggan dengan cara menembak sinyal ke penyedia bandwidth terdekat dengan sebuah alat ,yang kemudian dihubungkan ke router wifi. Berikut topologinya :
Gambar 3 : Bentuk Topologi



Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

d.   Modal Kebutuhan
·      PC Mikrotik Server
Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 

Gambar 4: Mikrotik
·      Access Point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.
Gambar 5: Access Point

·      Antena OMNI

Gambar 6: Antena OMNI
Untuk memperluas coverage area hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meski ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB.
Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja. Merk Antena Omni yang direkomendasikan, adalah Hyperlink, Finetic, tapi jika dana anda terbatas tak ada salahnya anda melirik antena omni buatan lokal.
·      BOX Access Point

Gambar 7: Box AP
Untuk melindungi access point,  diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini memang harus diletakkan persis di bawah antena.
·      Kabel UTP / STP

Gambar 8: UTP
Ternyata kabel juga diperlukan lho untuk membangun wireless, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.
·      POE (Power Over Ethernet)

Gambar 9: "POE"
Alat ini berfungsi untuk mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan adanya POE maka access Point dapat dinyalakan tanpa perlu repot mengulur kabel listrik ke atas tower. Sehingga lebih hemat n praktis.

e.   Harapan
e.1 Sosial
·      Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling ataupun pemilihan ketua RT/RW dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal, disamping fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama.
·      Dengan mendirkan RT/RW-Net tentunya bagi para orang tua senantiasa dapat mengawasi apa yang akan anak lakukan , kedekatan anak kepada orang tua juga akan bertambah dengan adanya interaksi diantara keduanya.
e.2 Ekonomi
·      Biaya pendirian RT/RW-Net yang terjangkau ,kuota yang unlimited(pemakaian tidak terbatas seperti paket data operator) dan tentunya dengan kecepatan yang stabil(sinyal yang stabil).
·      Dengan adanya RT/RW Net kedepanya diharapkan dapat menunjang UKM yang ada di desa sehingga RT/RW Net dapat meningkatkan perekonomian warga.
IV.       PENUTUP
Peluang bisnis RTRW net sangat menguntungkan terutama di wilayah pedesaan mengingat lokasinya yang sulit akan dijangkau sinyal internet dari operator seluler dan kebutuhan internet yang sangat tinggi di zaman sekarang ini. Keberhasilan dari bisnis ini juga bergantung dari kesiapan pengelola maupun antusias para pelanggan. Mengenai keuntungan, semua itu tergantung dari bagaimana pengelola dapat menerapkan manajemen yang baik terhadap bisnis ini.


Daftar Rujukan :
http://onopowae.blogspot.co.id/2014/01/perbedaan-paket-internet-berbasis-kuota.html
http://www.biznethome.net/id/service/biznet-home-combo/
http://www.nayrisahotspot.wordpress.com/tag/kabel-jumper




Universitas Amikom Yogyakarta "Tempat Kuliah Orang Berdasi"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »